Minggu, 29 November 2015

Siomay Ayam

Siomay Ayam

Bahan :
250 gram     daging ayam
2 butir     putih telor
3 sdm     tepung sagu
2 sdt     garam atau sesuai selera
1/4 sdt     gula putih
1 sdm     kecap ikan
1 sdt     minyak wijen
2 siung     bawang putih
1 buah     wortel parut1 helai     daun bawang
10 lembar     kulit siomay
1 buah     pare , buang bijinya
2 buah     kentang , kukus (pelengkap)
    bahan saus kacang:
250 gr     kacang tanah
4     cabe merah halus
secukupnya     gula merah

secukupnya     garam
3 siung     bawang putih
1 buah     kentang
3 sdm     saus tomat
secukupnya     air

Cara Membuat



  1. campur daging ayam, merica halus,garam,gula,minyak ikan, minyak wijen dan bawang putih dan putih telor ke dalam food processor.. blender sampai halus. ( tapi bagi anda yang tidak suka halus,bisa d blender sebentar kalo ga di cincang ayamnya) . kemudian taruh di dalam wadah. setelah itu, campurkan tepung sagu dan irisan daun bawang. aduk sampai rata hingga teksturnya menyerupai bubur.
  2. panaskan panci kukusan. selagi menunggu panas, anda bisa menyiapkan siomay. caranya, ambil kulit siomay, bentuk menyerupai mangkuk dan isi dengan adonan siomay ( jangan terlalu penuh) lalu taburi dengan wortel parut dan olesi dg sedikit air. untuk memudahkan mencetak siomay, gunakan cetakan kue talam yg diolesi minyak trlebih dahulu. kemudian taruh lembar kulit pangsit di dalamnya dan isi dgn adonan,lipat lipat sisinya. Potong pare, buang isinya, kemudian isi adonan di tengahnya. lakukan hingga adonan habis. setelah itu kukus selama 15 menit.
  3. saus kacang : kukus kentang hingga matang, tiriskan. kemudian goreng kacang dengan sedikit minyak, setelah matang haluskan bersama dengan kentang , bawang putih , cabe merah dan gula merah garam. taruh dalam cawan, masukkan air hangat dan saus tomat. aduk hingga mengental.

Tidak ada komentar: