Selasa, 29 Mei 2012

Kerusakan vitamin dalam buah karena proses pemasakan

Berbagi Untuk Menikmati Citra Rasa Nusantara Masakan Bunda | Dapur Bunda | Resep Masakan Bunda | Masakan Khas Bunda | Resep - Resep Masakan

 Sekarang ini buah tak hanya dinikmati dalam bentuk potongan segar, tetapi juga diolah untuk hidangan pencuci mulut atau minuman. Kreativitas pecinta kuliner bahkan membuat buah bisa disajikan dalam masakan utama, misalnya pada pepes tempoyak dari Palembang. Masakan ini menggabungkan pepes ikan dengan bumbu yang dicampur durian. Atau buah nanas yang dicampurkan dalam tumisan asam manis atau sambal nanas.

kerusakan vitamin dalam buah karena proses pemasakan dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain:

1. Lamanya pemasakan
Biasanya, buah yang sering digunakan sebagai campuran masakan adalah yang memiliki tekstur daging buah yang agak keras dan tidak terlalu berair. Namun, apakah teksturnya lembut atau keras, sebaiknya buah tidak dimasak dalam jangka waktu yang lama. Terlalu lama memasak buah di atas api akan membuat teksturnya berubah menjadi lodoh, dan membuat vitaminnya rusak. Saat disantap, buah sudah tidak memiliki manfaat sama sekali.

Untuk meminimalisasi kerusakan vitamin, hindari memasak buah di atas api. Campurkan saja buah ke dalam masakan pada langkah terakhir, saat masakan sudah matang dan apinya dimatikan.

2. Ukuran potongan

Selain lamanya memasak, ukuran potongan buah yang dicampurkan ke dalam masakan juga akan memengaruhi tingkat hilangnya gizi buah. Semakin kecil potongan buah, gizinya semakin banyak yang hilang. Sedangkan potongan buah yang besar akan mengurangi kerusakan sel pada buah, yang memungkinkan kehilangan vitamin lebih banyak.


Kata kunci yang berkaitan dengan artikel ini adalah :
masakan masakan indonesia, masakan nusantara, kumpulan masakan, masakan khas indonesia, cara membuat pepes ikan, cara membuat bakso ikan, masakan terbaru, cara membuat masakan indonesia, kue khas indonesia, masakan nusantara indonesia, menu masakan nusantara, makanan khas nusantara, masakan khas nusantara, masakan nusantara terbaru, resep kue,resepi masakan, menu masakan, masakan kari, masakan ibu, masakan spaghetti, masakan western, masakan microwave, masakan cina muslim, masakan islam, masakan ala thai, menu masakan barat, masakan western food,Bakso Tahu , Kerusakan vitamin dalam buah karena proses pemasakan, buah

Tidak ada komentar: