Minggu, 18 September 2011

Rawon


acara halal bihalal di tempat kerja suami aku digelar, dan aku diminta buat masak rawon.
huuff tantangan banget buat aku,baru ini aku harus masak menu rawon yang mana jarang banget aku buat dirumah plus sekarang direquest dalam jumlah yang banyak yaitu untuk 50 org.akhirnya dengan modal nekad ( maklum orang bonek ) hehehe.
sehari sebelum masak aku telpone ortu di mojokerto tanya berapa kilo bumbu yang harus aku pakai untuk makan 50 orang, dapetlah resep sbb :
1. kencur 1 ons
2. lengkuas 1 ons
3. kunyit 1 ons
4. kluwak 1,5 ons
5. jahe 1/4 kg
6. merica 1,5 ons
7. jinten 1,5 ons
8. ketumbar 1 0ns
9. cabe merah 1/2 ons
10. bawang merah 2 0ns
11. bawang putih 2 ons
12. bawang prey 1 ons dirajang
13. asem dan terasi masing - masing 1 sendok teh
14. sereh 2 batang
15 daun jeruk 8 lbr
16 . bawang putih 1 ons dirajang halus terus digoreng ( lalu ditiriskan )
17. daging 5 kg
cara membuat :
masaka daging sampai setengah matang , lalu sisihkan
haluskan semua bahan dari no 1- 11
bawang prey dirajang terus ditumis setelah setengah matang masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi.
setelah semua tercampur dan setengah matang masukkan sere, daun jeruk, asem dan terasi.
tumis sampai baunya harum dan matang, setelah bumbu matang campurkan bumbu dengan daging dan kaldunya yang sudah dimasak setengah empuk tadi
lalu masak sampai bumbu meresap kedaging dengan api kecil kurang lebih 45 - 60 menit

alhamdulilah hasilnya sangat memuaskan , dengan ditemani sambel terasi , telur asin , tempe goreng dan kerupuk udang sajian rawon aku habis disantap para tamu.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Untuk bumbu soto lamongan buat 50 org brpa kg bumbux